Selasa, 02 Maret 2021

Manusia Harus Sadar Dengan Berbagai Jenis Kepribadian, Kenapa?

Pertanyaan ini timbul dalam benak saya ketika saya mulai merasakan yang namanya KEGAGALAN di usia saya yang menginjak 20 tahun. Saya mulai merasakan bahwa apa yang saya harapkan dan pikirkan saat usia belasan ternyata tidak sesuai dengan yang saya jalani di usia 20an, maklum saja ketika saat itu yang dipikirkan oleh remaja ingin lekas menjadi dewasa supaya bisa bebas menjalani apa yang diinginkan hehehe...

Ketidaksesuaian yang saya harapkan dengan apa yang saya jalani di usia 20an membuat saya berfikir banyak hal, kejadian yang saya alami membuat saya bertanya dengan diri sendiri, seperti mengapa saya lebih menyukai kegiatan yang cenderung dilakukan sendiri? mengapa saya sulit untuk menjalin hubungan dengan teman-teman yang saya temui untuk saya jadikan sahabat? mengapa saya sering menghindar dari keramaian dan lebih senang menyendiri di kamar? dan masih banyak lagi pertanyaan termasuk ketika saya memikirkan hal-hal tersebut? apa saya berlebihan dalam berfikir yang kalau sekarang lebih dikenal dengan kata OVERTHINKING hahahaha....

Setelah timbul banyak pertanyaan dalam diri saya, saya mulai melakukan pencarian di mbah google, namun pada saat itu belum banyak yang membuat artikel yang memuat penjelasan tentang kepribadian, hanya satu fokus saya saat itu tentang tes kepribadian online di https://www.16personalities.com/id/tes-kepribadian ,  ini pun saya masih belum sadar apa itu kepribadian, saya fikir hanya seperti tes IQ yang saya ikuti di masa SMA untuk bisa mengetahui cocok untuk masuk jurusan IPA atau IPS wkwkwk...

Rasa penasaran saya terjawab ketika saya mengetahui bahwa ada banyak jenis kepribadian manusia, dan yang saya baca pada tes MBTI tersebut terdapat 16 jenis kepribadian, kemudian saya mengikuti tes dengan memilih pernyataan yang sesuai dengan diri saya dan hasilnya dari tes tersebut saya berkepribadian INTROVERT, untuk jenisnya nanti kita bahas di artikel selanjutnya yaaa hihi... lanjuttt kemudian saya membaca penjelasan jenis kepribadian tersebut dan sangat sesuai dengan diri saya, dari cara saya berfikir, tujuan yang benar-benar saya inginkan dari segala kegiatan yang saya lakukan, termasuk sifat dan sikap saya menghadapi orang lain. Semakin lama saya semakin ingin tau banyak jenis-jenis kepribadian lainnya, lalu saya  menyuruh orang-orang terdekat saya untuk mengisi tes tersebut dan semuanya sesuai dengan mereka. 

Menurut saya seseorang harus sadar dengan jenis kepribadiannya sendiri agar mereka tau apa yang sebenarnya mereka sukai atau yang tidak mereka sukai, apa yang mereka kuasai dan apa yang kurang bisa mereka kuasai. Tiap-tiap kepribadian memiliki kekurangan, kelebihan, keunikan masing-masing, hal tersebut membuat saya mengerti mengapa seringkali terjadi pertengkaran antar sesama karena kurangnya pengetahuan untuk menghargai bahwa setiap orang memiliki karakter yang berbeda-beda dan seseorang yang tau dirinya memiliki kekurangan atau kelebihan seharusnya bisa lebih mengendalikan hal-hal yang merugikan diri mereka atau orang lain dan fokus untuk mengasah kemampuan kelebihan mereka sendiri. Sehingga hal-hal seperti perdebatan yang disebabkan perbedaan pendapat atau pemikiran pun bisa dilakukan secara sehat dan yang paling penting adalah SADAR untuk bisa menemukan solusi dari permasalahan, setelah itu memunculkan perkembangan karakter yang lebih baik dalam diri masing-masing.

Sekian pendapat dari saya semoga bisa membantu kawan-kawan untuk mau mengetahui potensi diri sendiri dan selalu belajar memaksimalkan potensi tersebut, mulai menerima kekurangan dan menghargai perbedaan yang ada pada diri orang lain.

Terimakasih sudah membaca...

Label: